Memasukkan Video pada Artikel

Insert Video
Memasukkan file Video pada Artikel di Joomla agar artikel lebih menarik. Pada tutorial kali ini Tips dan Trik Joomla akan membahas tentang bagaimana cara memasukkan file video ke dalam artikel di Joomla. Cara memasukkan file video ke dalam artikel di Joomla sangat mudah, anda tinggal mencari URL video tersebut di website penyedia sharing video seperti Youtube. Selain memberikan Highlight teks dengan gambar, memasukkan file video juga perlu agar tampilan artikel lebih menarik.

Hal yang perlu anda perhatikan pada saat memasukkan file video ke dalam artikel adalah alamat URL dari file video tersebut. Berikut ini langkah-langkah untuk memasukkan file video pada artikel di Joomla:

- Login ke halaman administrator dengan memasukkan username dan password.

Halaman Login administrator Joomla

- Klik menu Content > Article Manager.

Menu Content > Article Manager

- Setelah masuk di halaman Article Manager, pilih salah satu artikel yang ingin diberi video.

Artikel pada halaman Article Manager

- Di halaman Article: [ Edit ], letakkan kursor pada akhir paragraf atau pada posisi dimana anda akan meletakkan file video tersebut.

- Masih di halaman Article: [ Edit ], klik ikon Insert/Edit embedded media.

Ikon Insert/edit embedded media


- Pada Jendela Insert/edit embedded media di tab General, untuk kolom Type pilih dengan Flash, dan untuk kolom File/URL masukkan alamat URL video yang anda dapat dari Youtube. Setelah anda memasukkan alamat URL maka secara otomatis video tersebut akan ditampilkan, Ukuran video bisa anda atur pada kolom Dimensions, lalu klik tombol Insert.

Jendela Insert/edit embedded media > tab General

- Klik ikon Save di sebelah kanan atas.

- Selesai.

Demikian tutorial singkat tentang Cara Memasukkan Viden pada Artikel di Joomla dan semoga bermanfaat. Jika anda masih bingung dengan Cara Memasukkan Video pada Artikel di Joomla, silahkan tinggalkan komentar anda pada kolom komentar yang telah disediakan, terima kasih...:)

3 comments:

  1. joomla saya artikelnya belum ada insert/ edit embeded vdeo'a. itu gmna supya ada?

    ReplyDelete
    Replies
    1. masuk menu Extensions > Plugin Manager. Cari plugin Editor - TinyMCE, pada Plugin Parameters di kolom Functionality silahkan diubah ke Advanced. Setelah melakukan perubahan, jangan lupa untuk klik tombol save yach, semoga membantu :)

      Delete
  2. aku udah advaaceed tapi ttep ga keluar embednya

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...