Mengenal istilah Template pada Joomla

Contoh Templates
Pengertian Template pada CMS Joomla sangat penting untuk diketahui. Dengan mengenal istilah Template pada Joomla, pemula diharapkan dapat membuat sebuah template untuk CMS Joomla. Template merupakan suatu file yang ditulis dalam bahasa pemrograman PHP. Joomla sendiri memerlukan sebuah template untuk menampilkan sebuah halaman suatu website berupa gambar, warna latar belakang, jenis huruf, warna tabel, warna huruf, kolom, dan sebagainya.

Istilah Template sering juga disebut dengan Themes atau Tema. Sebagai sebuah CMS, Joomla menggunakan sistem template pada tampilannya di browser, dan untuk sistem template sendiri disimpan pada sebuah Web Server. Pada posting kali ini Tips dan Trik Joomla akan memberikan sedikit penjelasan tentang apa dan bagaimana sebenarnya sistem template pada proses pembuatan website di CMS Joomla.

Sistem Template Joomla

Sebelum melangkah lebih jauh, anda harus mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud atau disebut dengan sistem template dan fungsi dari sistem template dalam proses pembuatan suatu website. Sistem template merupakan sebuah sistem yang banyak sekali digunakan pada proses pembuatan website dinamis dan interaktif.

Pada prinsipnya, sistem template adalah sistem yang membagi pekerjaan pembuatan website dengan memberi batasan yang jelas antara pekerjaan yang harus dilakukan oleh pihak developer dan designer. Bagian-bagian tersebut kemudian dikumpulkan dan dikerjakan secara bersama-sama yang selanjutnya dikompilasi dan akhirnya menghasilkan sebuah website.

Untuk dapat bekerja dengan sempurna, sebuah template standar pada Joomla paling tidak harus mempunyai beberapa file, diantaranya adalah:
  1. File index.php
  2. File template_css.css
  3. File templateDetails.xml
  4. File template_thumbnail.png
Keempat file tersebut diatas adalah file-file inti yang harus dimiliki pada sebuah template yang sempurna untuk Joomla. Dengan hanya memiliki empat file tersebut diatas, anda sebenarnya sudah bisa membuat sebuah template yang baik sesuai dengan standart minimal Joomla.

Demikian tutorial singkat tentang Template pada Joomla dan semoga bermanfaat. Jika anda masih bingung dengan Cara membuat Template pada Joomla, silahkan tinggalkan komentar anda pada kolom komentar yang telah disediakan, terima kasih...:)

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...