Istilah Extension di Joomla

Joomla Extension
Mengenal istilah Extension di Joomla dan pengertian Extension di Joomla yang perlu diketahui oleh pemula. Pada posting kali ini Tips dan Trik Joomla akan membahas sekilas tentang Extension di Joomla. Pada sebuah website, ketersediaan fasilitas untuk download artikel maupun berita seringkali dimanfaatkan oleh para pengunjung untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap. Biasanya fasilitas tersebut diatur berdasarkan hak akses pengguna (free user dan register user).

Jika pengguna mendaftar sebagai anggota dalam sebuah website, maka pengguna tersebut dapat mengunduh informasi yang lebih lengkap daripada pengguna umum atau yang tidak terdaftar pada website tersebut. Hal inilah yang membedakan antara pengguna umum dan pengguna terdaftar.

Fitur download manager dapat di install ke dalam sistem joomla yang ada pada Web Server secara mudah serta memiliki fasilitas yang kompleks, diantaranya: statistik jumlah artikel yang diunduh, statistik artikel baru yang diunduh, statistik artikel paling banyak diunduh, dan sebagainya. Dalam sistem Joomla versi 1.5.x, statistik dan download manager disebut sebagai Extensions.

Secara umum, jumlah extension untuk Content Management System (CMS) sangat banyak dan terbagi menjadi beberapa tipe, diantaranya: Component, Module, Plugins/Mambots, dan Template, dan dari beberapa tipe tersebut dapat dibagi lagi menjadi beberapa kategori. untuk lebih jelas dan detail mengenai pembagian kategori tersebut, anda bisa mengunjungi website Joomla! Extensions Directory.

Demikian tutorial singkat tentang Extension di Joomla dan semoga bermanfaat. Jika anda masih bingung dengan Extension pada Joomla, silahkan tinggalkan komentar anda pada kolom komentar yang telah disediakan, terima kasih...:)

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...