Mengenal Component di Joomla

Joomla Component
Sekilas tentang Component di Joomla yang perlu anda ketahui sebelum belajar Joomla. Component merupakan bagian dari Joomla. Secara umum, Component berfungsi untuk menambah fungsionalitas sistem pada Joomla yang memiliki sebuah halaman HTML untuk mengatur beberapa parameter. Sebagai contoh, Component Banner di Joomla memiliki fasilitas pengaturan untuk membuat banner, mengatur klien, dan membuat kategori.

Jumlah Component yang berkembang saat ini mencapai ribuan dan akan terus bertambah seiring dengan kebutuhan penggunanya.

Untuk dapat menginstall Component pada Joomla, anda harus download dahulu Component tersebut. Banyak sekali Component yang tersedia di internet untuk anda download. Tips dan Trik Joomla merekomendasikan alamat URL http://extensions.joomla.org/extensions untuk download berbagai macam Component sesuai dengan kebutuhan website anda. Pada alamat tersebut juga disediakan Template gratis yang bisa anda download.

Component ada yang gratis dan ada yang berbayar, tetapi anda tidak perlu khawatir karena dengan memakai Component yang gratis saja anda sudah bisa untuk mengoptimalkan website dengan CMS Joomla. Component yang gratis juga tidak kalah dengan yang berbayar karena pada Component gratis juga disediakan fitur yang cukup lengkap dan handal.

Ciri file Component pada Joomla diawali dengan kata "com" (tanpa tanda petik) di depan nama Component tersebut, sebagai contoh: com_docman_1.4.1.r1382.zip. Meskipun demikian, ada beberapa Component Joomla yang tidak menambahkan awalan "com" (tanpa tanda petik) pada nama Component tersebut.

Component default yang ada di Joomla antara lain Component Banner, Component Contacts, Component News Feeds, Component Polls, Component Search, dan Component Web Links.

Anda dapat menambah atau menghapus Component pada Joomla sesuai dengan kebutuhan website yang akan anda buat.

Salah satu faktor yang menyebabkan CMS berkembang sangat pesat adalah dengan banyaknya Extension yang dikembangkan oleh pihak ketiga serta diminati oleh banyak pengguna terutama para pemula yang memiliki keterbatasan pengetahuan dalam hal Pemrograman Web dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL.

Bentuk website yang anda buat tergantung pada rancangan awal pembuatan website itu sendiri, anda hanya perlu memasukkan beberapa Component yang diperlukan untuk website yang anda buat. Tips dan Trik Joomla menyarankan pada para pemula untuk mempelajari beberapa fungsi dari Component yang disediakan baik oleh Joomla maupun pihak ketiga.

Berikut ini beberapa Component penting yang perlu diketahui para pemula dalam membuat, mengembangkan, dan memproteksi sebuah website menggunakan CMS Joomla:

Security Image
Component ini berguna untuk memberikan keamanan pada setiap halaman atau form registrasi maupun form dalam bentuk lain. Dengan adanya Component Security Image, kemungkinan adanya spam dapat anda hindari sejak dini.

Protect Configuration File
Component ini berfungsi untuk memproteksi file configuration.php yang sangat rentan diserang hacker. Sistem keamanan pada Component ini bisa dilakukan melalui berbagai cara, baik dengan mengganti nama file configuration atau dengan cara mengubah status permision nya.

PHP Free Chat
Component ini sangat sederhana tapi mempunyai fasilitas yang cukup. Berfungsi menyediakan fasilitas chatting secara online tanpa memerlukan server lain.

Jevent
Component ini berfungsi untuk menampilkan agenda kegiatan seperti jadwal rapat, jadwal pelatihan, dan sebagainya. Component ini memerlukan module agar dapat tampil di halaman utama.

Demikian penjelasan singkat tentang Component di Joomla dan semoga bermanfaat. Jika anda masih bingung dengan Component di Joomla, silahkan tinggalkan komentar anda pada kolom komentar yang telah disediakan, terima kasih...:)

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...