Sekilas tentang PHP (Personal Home Page)

PHP
Pengertian dasar dan istilah PHP (Personal Home Page) yang perlu diketahui oleh para pemula di dalam dunia Web dan bahasa pemrograman untuk website. Pada Posting kali ini Tips dan Trik Joomla akan membahas sekilas tentang bahasa pemrograman PHP. Secara umum pengertian dari PHP (Personal Home Page) adalah bahasa pemrograman yang berupa script yang paling banyak dipakai saat ini. PHP sendiri sering digunakan untuk pemrograman situs web dinamis, walaupun tidak menutup kemungkinan digunakan untuk keperluan lain.

Selain mudah untuk digunakan, PHP sendiri juga dapat berkomunikasi dengan berbagai macam database dan mengenal semua protokol internet. Class-class atau fungsi-fungsi yang terdapat dalam bahasa pemrograman PHP dapat anda temukan dengan mudah di internet.

Salah satu fungsi dari PHP yang paling mendasar adalah fungsi echo(). Fungsi echo() tersebut digunakan untuk menampilkan string yang nantinya akan diterjemahkan oleh browser anda. String tersebut dapat berupa teks ataupun tag HTML.

Beberapa kelebihan dari PHP (Personal Home Page) adalah:
  • Bahasa Pemrograman PHP merupakan sebuah Bahasa Script yang tidak melakukan sebuah kompilasi dalam penggunaannya.
  • Web Server yang mendukung PHP dapat anda temukan di internet, mulai dari IIS sampai dengan Apache, dengan konfigurasi yang relatif mudah.
  • Dalam sisi pengembangan lebih mudah karena banyak sekali milis atau forum dan developer yang siap membantu dalam pengembangan.
  • Bahasa pemrograman PHP adalah bahasa pemrograman script yang paling mudah karena banyak referensi yang bisa anda dapatkan di internet.

PHP dan HTML

PHP Merupakan bahasa pemrograman yang biasanya ditulis bersama kode HTML. Tidak seperti bahasa pemrograman HTML yang langsung dikirim dari Web Server ke browser, script pada pemrograman PHP diparsing dulu oleh PHP binary dalam komputer server.

Elemen HTML tetap dibiarkan sementara kode bahasa pemrograman PHP di eksekusi terlebih dahulu dan hasil dari eksekusi tersebut dalam bentuk HTML yang akan dikirim ke browser pengguna.

Kode bahasa pemrograman PHP ini mampu menjalankan perintah database, membuat gambar, membaca dan menulis file, serta kemampuan lainnya yang tidak memiliki batas.

PHP adalah bahasa pemrograman open source yang dapat digunakan di berbagai platform seperti linux, windows, unix, dan sebagainya. PHP dapat dijalankan secara runtime dan realtime melalui console dan dapat menjalankan perintah-perintah pada sistem.

Demikian penjelasan singkat tentang Pengertian dasar dan istilah PHP (Personal Home Page), semoga bermanfaat. Jika anda masih bingung tentang Pengertian dasar dan istilah PHP (Personal Home Page), silahkan tinggalkan komentar anda pada kolom komentar yang telah disediakan, terima kasih...:)

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...