Sekilas tentang HTML

HTML dan CSS
Pengertian dasar tentang HTML dan CSS yang perlu diketahui untuk para pemula. Pada postingan kali ini Tips dan Trik Joomla akan membahas sekilas tentang HTML. HTML atau Hyper Text Markup Language merupakan sebuah bahasa markup atau tanda yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web yang menampilkan berbagai jenis informasi di dalam sebuah browser internet dan merupakan standarisasi internet yang saat ini dikendalikan oleh World Wide Web Consortium (W3C).

HTML berupa kode-kode tag yang disimpan pada sebuah server web dan menginstruksikan kepada browser untuk menghasilkan tampilan sesuai dengan yang diinginkan. Sebuah file yang merupakan file HTML dapat dibuka menggunakan browser web seperti Mozilla, Opera, Internet Explorer, dan browser-browser lain. HTML juga dapat dibuka melalui handphone yang telah mendukung browser.

Terdapat 4 empat jenis elemen dari HTML, yaitu:
  1. Structural, tanda yang menentukan level atau tingkatan dari sebuah teks (Contoh, <H1>Tips Trik Joomla</H1> akan memerintahkan browser untuk menampilkan "Tips Trik Joomla" sebagai teks tebal besar yang ditunjukkan dengan format Heading 1.
  2. Presentational, tanda yang menentukan tampilan dari sebuah teks, tidak perduli dengan level dari teks tersebut. (contoh, <b>Tips Trik Joomla</b>, dan akan menampilkan teks "Tips Trik Joomla" dengan huruf yang ditebalkan.
  3. Hypertext, tanda yang menunjukkan link ke bagian dokumen tertentu, contoh: <a href="http://tipstrikjoomla.blogspot.com/">Tips Trik Joomla</a>, dan akan menampilkan teks "Tips Trik Joomla" sebagai sebuah hyperlink dengan URL http://tipstrikjoomla.blogspot.com/ yang jika tulisan tersebut di klik akan menuju ke halaman atau website tipstrikjoomla.blogspot.com.
  4. Elemen widget yang membuat objek-objek lain seperti tombol (<button>), list (<li>), dan garis horizontal (<hr>).

Selain markup presentational, markup yang lain tidak menentukan bagaimana tampilan dari sebuah teks. Namun untuk saat ini, penggunaan tag HTML untuk menentukan tampilan telah dianjurkan untuk mulai ditinggalkan dan sebagai gantinya digunakan Cascading Style Sheets (CSS)

Demikian penjelasan singkat tentang HTML dan semoga bermanfaat. Jika anda masih bingung dengan HTML, silahkan tinggalkan komentar anda pada kolom komentar yang telah disediakan, terima kasih...:)

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...