Mengenal Plugins di Joomla

Joomla Plugins
Istilah Plugins di Joomla yang perlu untuk diketahui oleh pemula. Pada artikel kali ini, Tips dan Trik Joomla akan membahas sekilas tentang Plugins di Joomla. Plugin pada Joomla versi 1.0.x disebut sebagai Mambots, sedangkan pada Joomla versi 1.5.x disebut sebagai Plugins. Plugins/Mambots merupakan sebuah aplikasi yang disisipkan pada sistem Joomla dan mempunyai fungsi untuk memanipulasi, menambah, atau membuat suatu perubahan pada konten atau artikel.

Secara default, Content Management System (CMS) dengan platform Joomla versi 1.5.x memiliki beberapa plugins, diantaranya: Authentication, Contents, Editors, Editor-xtd, Search, dan System. Berikut ini penjelasan dari masing-masing plugins.
Authentication
Plugins ini berkaitan dengan otentikasi yang terintegrasi dengan sistem Joomla.

Contents
Plugins ini berkaitan dengan manipulasi pada konten maupun artikel.

Editors
Plugins ini berkaitan dengan manipulasi editor yang digunakan untuk menulis konten maupun artikel.

Editor-xtd
Plugins ini berkaitan dengan manipulasi fitur-fitur editor yang lebih kompleks.

Search
Plugins ini berkaitan dengan manipulasi fungsi pencarian pada website.

System
Plugins ini berkaitan dengan sistem Joomla.

Plugins/Mambots sendiri dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP. Adapun beberapa fungsi dari Plugins/Mambots standart Joomla adalah:

Image
Sebuah Mambots yang berfungsi untuk konversi perintah {mosimage} di konten menjadi perintah untuk menyisipkan gambar pada HTML (tag img).

Pagebreak
Sebuah Mambots yang berfungsi untuk navigasi halaman.

Moscode
Sebuah Mambots yang berfungsi untuk mengganti perintah {/moscode} menjadi perintah tag yang menandakan sebuah kode bahasa pemrograman.

Jumlah Plugins/Mambots yang dikembangkan saat ini tidak sebanyak Component, Module, dan Template. Hal ini dikarenakan pemanfaatan dari Plugins/Mambots tidak terlalu luas dan lebih sulit dalam pengembangan.

Berikut ini beberapa Plugins/Mambots yang penting dan perlu untuk anda ketahui terutama untuk mengamankan website:

Antiflood
Berfungsi untuk mengamankan sebuah website dari flooding (membuat kinerja web server menjadi sibuk).

Content Protector
Berfungsi untuk memproteksi sebuah artikel atau konten bagi pengunjung website.

All Videos
Berfungsi untuk menjalankan file dalam bentuk video dengan tipe: Flash, QuickTime, Shockwave, Windows Media, dan Real Media.

Jsecure Authentication
Berfungsi untuk memproteksi halaman administrator dari serangan hacker. Plugins ini sangat berguna untuk menyembunyikan halaman administrator Joomla.

Demikian penjelasan singkat tentang Plugins/Mambots di Joomla dan semoga bermanfaat. Jika anda masih bingung dengan Plugins/Mambots di Joomla, silahkan tinggalkan komentar anda pada kolom komentar yang telah disediakan, terima kasih...:)

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...