Mengenal Module di Joomla

Module Joomla
Sekilas tentang Module di Joomla yang perlu diketahui pemula sebelum belajar Joomla. Pada posting kali ini Tips dan Trik Joomla akan membahas sekilas tentang Module di Joomla. Module merupakan sebuah aplikasi yang dapat ditampilkan di berbagai posisi (atas, bawah, kiri, kanan) pada halaman utama sebuah website. Fungsi umum Module di Joomla adalah menampilkan beberapa component yang di install pada sistem Joomla. Beberapa module juga dapat di install tanpa memerlukan component.

Module mempunyai peranan yang sangat penting untuk keindahan tampilan website anda karena sebuah Module dapat mengendalikan interface dan Component yang di install pada sistem Joomla di server web anda.

Module dapat membuat sebuah website yang menggunakan CMS menjadi lebih interaktif dengan menampilkan gambar secara random, menjalankan file audio dan video, animasi, serta dokumen lain sehingga tidak menimbulkan kesan monoton pada halaman HTML website anda.

Seperti halnya dengan Component, sebuah Module yang akan di install ke dalam sistem Joomla harus di download terlebih dahulu. Tips dan Trik Joomla merekomendasikan alamat URL http://extensions.joomla.org/ untuk download berbagai macam Module.

Sebuah Module di Joomla mempunyai ciri menggunakan "mod" (tanpa tanda kutip) di depan nama file, sebagai contoh: mod_bannerslider_v0.2.2.zip, ada juga beberapa Module yang tidak mempunyai awalan "mod" (tanpa tanda kutip) pada nama filenya.

Berbeda dengan Component, sebuah Module tidak memiliki halaman yang khusus untuk mengatur beberapa parameter.

Banyaknya Extension yang dikembangkan oleh pihak ketiga memiliki peranan yang sangat penting khususnya dari segi tampilan sebuah website dengan platform Joomla. Tidak semua Module yang dikembangkan bersifat gratis, ada juga beberapa Module yang berbayar. Meskipun sebagian besar Module bersifat gratis, bukan berarti Module tersebut tidak memiliki fitur yang lengkap.

Seperti Component, Anda dapat menambah atau menghapus sebuah Module pada Joomla sesuai dengan kebutuhan website yang akan anda buat. Berikut ini beberapa Module yang penting untuk diketahui oleh pemula:

Module Media Player
Module ini berfungsi untuk menampilkan dan memainkan file audio secara online. Module ini digunakan jika anda ingin membangun sebuah website dengan tema musik.

Module Trans Menu
Module ini mempunyai fungsi untuk membuat menu secara interaktif dan memiliki submenu. Module ini dapat anda manfaatkan untuk mengubah tampilan menu pada website menjadi lebih informatif, dengan navigasi yang sederhana, tetapi sangat powerfull.

Module Random Article
Module ini berfungsi untuk menampilkan artikel secara random. Artikel akan tampil secara random di halaman website dan daftar artikel dapat anda tentukan pada parameter Module tersebut.

Module Sliding Menu
Module ini berfungsi untuk menampilkan menu secara sliding. Module ini digunakan untuk menyederhanakan tampilan menu pada sebuah website yang memiliki jumlah menu sangat banyak.

Demikian penjelasan singkat tentang Module di Joomla dan semoga bermanfaat. Jika anda masih bingung dengan Module di Joomla, silahkan tinggalkan komentar anda pada kolom komentar yang telah disediakan, terima kasih...:)

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...