Install Joomla di Web Hosting

Joomla Web Hosting
Cara Install Joomla di Web Hosting agar website bisa diakses oleh pengunjung. Proses instalasi joomla melalui web hosting pada intinya sama dengan pada saat install joomla di server lokal, yang membedakan hanya terletak pada nama domain yang di akses dan informasi Database yang dipakai. Pada dasarnya install Joomla melalui web hosting sangat mudah dilakukan oleh para pemula yang sedang belajar tentang CMS untuk membangun sebuah website secara online.

Langkah-langkah yang dilakukan untuk instalasi joomla pada web hosting juga tidak terlalu sulit. Sebelum joomla di install pada web hosting, pastikan anda telah membuat database di web hosting dan upload file installer joomla di web hosting.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat anda lakukan untuk install joomla di web hosting anda:
  1. Pertama, ketikkan alamat url website anda di browser, misalnya saja: http://www.namasitusjoomlaanda.com.
  2. Browser akan menampilkan halaman awal (berupa halaman HTML) dari Joomla Installation. Pilih bahasa untuk proses installasi joomla anda, biasanya Tips dan Trik Joomla memilih Bahasa Inggris.
  3. Setelah memilih bahasa, selanjutnya tekan tombol Next untuk proses instalasi selanjutnya.
  4. Pada halaman Pre-Installation Check, klik langsung tombol Next.
  5. Muncul halaman License, tekan kembali tombol Next.
  6. Pada halaman Database Configuration, isikan data-data tentang database anda di bagian Basic Setting. Untuk Host Name isikan dengan nama host anda, misalnya localhost, untuk User Name isikan dengan nama user untuk database anda, Password isikan dengan password database anda, dan yang terakhir untuk kolom Database Name isikan dengan nama database yang telah anda buat, misalnya: situsku_db.
  7. Setelah informasi database di isi dengan benar, kemudian tekan tombol Next.
  8. Untuk halaman FTP Configuration, klik lagi tombol Next.
  9. Berikutnya pada halaman Main Configuration, untuk Site Name isikan dengan nama situs anda, misalnya: Tips Trik Joomla Untuk Pemula, untuk kolom Your Email masukkan alamat email anda yang valid, untuk halaman Admin Password dan Confirm Admin Password isikan dengan password yang nantinya digunakan untuk login ke dalam halaman administrator joomla anda.
  10. Tekan tombol Install Sample Data untuk memasukkan contoh-contoh data berupa artikel, gambar, section, kategori, link, dan sebagainya ke dalam situs joomla anda, setelah itu klik tombol Next.
  11. Pada tahap terakhir anda diminta untuk menghapus atau mengubah nama folder Installation yang ditampilkan pada halaman Finish.
  12. Proses installasi joomla di web hosting telah berhasil bila anda telah menghapus atau mengubah folder Installation. Untuk menghapus folder Installation, anda bisa masuk ke File Manager pada web hosting anda, biasanya folder tersebut terletak pada folder public_html.
Demikian tutorial singkat tentang Cara Install Joomla di Web Hosting dan semoga bermanfaat. Jika anda masih bingung dengan Cara Install Joomla melalui Web Hosting atau pada online server, silahkan tinggalkan komentar anda pada kolom komentar yang telah disediakan, terima kasih...:)

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...