Install Joomla di Server Lokal

Joomla Logo
Cara Install Joomla di Lokal Server atau pada PC anda. Perlu diingat bahwa agar Content Management System (CMS) dapat diinstall di server lokal, sebelumnya anda harus sudah menginstall aplikasi Web Server dan aplikasi pendukung lainnya seperti PHP dan MySQL. Jika anda masih bingung tentang cara instalasi aplikasi tersebut, silahkan anda baca postingan Tips dan Trik Joomla sebelumnya tentang cara Install XAMPP di Server Lokal.

Setelah aplikasi XAMPP berhasil terinstall pada PC anda, maka selanjutnya anda sudah bisa menginstall Joomla di komputer lokal. Install Joomla di server lokal bisa anda lakukan dengan beberapa langkah. Berikut ini langkah-langkah untuk install joomla pada server lokal:

  1. Pertama-tama download paket installer joomla. Versi terakhir dari joomla installer bisa anda download disini. Paket installer dari joomla yang anda download berupa file zip, oleh karena itu, sebelum diinstall, ekstrak dahulu file tersebut.
  2. Setelah di ekstrak, buka folder XAMPP > htdocs di PC anda.
  3. Buat folder baru pada folder htdocs, misalnya saja jfolder, kemudian pindahkan file-file joomla yang telah diekstrak tadi ke dalam folder baru tersebut.
  4. Buka browser anda lalu ketikkan alamat url http://localhost/phpmyadmin dan tekan tombol enter.
  5. Setelah muncul halaman phpMyAdmin, buatlah database baru dengan mengetikkan nama database (misalnya: joom_db) pada kotak teks Create new database, kemudian klik tombol Create.
  6. Selanjutnya buka tab baru pada browser anda, lalu ketikkan alamat url http:/.localhost/jfolder (sesuaikan dengan nama folder yang telah anda buat sebelumnya), kemudian tekan enter.
  7. Setelah anda menekan tombol enter, maka akan muncul halaman Joomla Installation, untuk pilihan bahasa biarkan default saja, kemudian tekan tombol Next.
  8. Klik tombol Next sampai anda berada pada halaman Database Configuration. Pada Bagian Basic Setting, untuk kolom Host Name isikan dengan localhost, User Name isikan dengan root, dan Database Name isikan dengan nama database yang telah anda buat sebelumnya. Untuk contoh saya memasukkan joom_db pada kolom Database Name.
  9. Setelah memasukkan data yang ada, kemudian klik tombol Next untuk melanjutkan ke halaman berikutnya.
  10. Pada halaman FTP Configuration, tekan tombol Next.
  11. Saat anda berada di halaman Main Configuration, isikan nama website, alamat email, dan password untuk login ke halaman administrator joomla, kemudian tekan tombol Install Sample Data, lalu tekan tombol Next dan tunggu hingga proses instalasi joomla di server lokal selesai.
  12. Langkah selanjutnya adalah menghapus folder Installation. Untuk lokasi folder tersebut berada di folder htdocs/nama-folder-joomla-anda.
  13. Setelah folder Installation terhapus, untuk masuk ke dalam halaman administrator, ketikkan alamat url http://localhost/nama-folder-joomla-anda/administrator, isikan kolom username dan password sesuai dengan pada saat proses instalasi tadi.
  14. Untuk melihat tampilan awal website, ketik alamat url http://localhost/nama-folder-joomla-anda/ pada browser. Halaman frontend merupakan halaman HTML.
  15. Selesai.
Demikian tutorial singkat cara Install Joomla di Server Lokal dan semoga bermanfaat. Jika anda masih bingung dengan cara Install Joomla pada PC anda, silahkan tinggalkan komentar anda pada kolom komentar yang telah disediakan, terima kasih...:)

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...