Install XAMPP di Server Lokal

XAMMP Logo
Cara Install XAMPP di Lokal Server untuk keperluan Instalasi Joomla di komputer lokal sangat perlu untuk anda pelajari karena untuk menginstal Joomla di server lokal diperlukan web server atau software pendukung seperti PHP, MySQL, dan Apache. Jika anda pengguna Windows, Aplikasi XAMPP telah menyediakan ketiga software tersebut sekaligus. Oleh karena itu, terlebih dahulu anda harus menginstal XAMPP ke dalam PC anda. Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus anda lakukan untuk Install XAMPP di Server Lokal:

  1. Langkah Pertama yang harus anda lakukan adalah, jika anda belum mempunyai aplikasi XAMPP, silahkan anda download terlebih dahulu disini (untuk pengguna Windows). Jika anda pengguna sistem operasi selain windows, silahkan anda download XAMPP disini.
  2. Tunggulah beberapa saat hingga proses download XAMPP selesai dan telah tersimpan di PC anda.
  3. Langkah selanjutnya, bukalah folder penyimpanan file XAMPP yang telah anda download tadi, kemudian klik dua kali untuk menginstall XAMPP ke dalam PC anda.
  4. Proses terbukanya file XAMPP akan diawali dengan munculnya kotak dialog "Installer Language". Pada kotak dialog ini anda akan diberikan pilihan bahasa untuk proses instalasi XAMPP, untuk contoh disini saya pilih English.
  5. Setelah memilih bahasa untuk proses instalasi, selanjutnya klik tombol OK dan akan muncul halaman XAMPP dengan jendela wizard XAMPP 1.x.x.x (Basic Package), kemudian klik tombol Next untuk melanjutkan.
  6. Di halaman Choose Install Location, tentukan lokasi penyimpanan hasil instalasi XAMPP tersebut (misalnya di drive C), kemudian tekan tombol Next.
  7. Berikutnya, anda akan berada di halaman XAMPP Options, Aktifkan saja semua opsi di bagian Service Section dan kemudian klik tombol Install.
  8. Proses instalasi XAMPP mulai berlangsung. Jika instalasi telah selesai maka akan muncul jendela command prompt yang menampilkan kode script PHP, tunggulah beberapa saat hingga proses tersebut selesai, kemudian klik tombol Finish.
  9. Selanjutnya anda akan dihadapkan kembali pada jendela command prompt yang menginformasikan bahwa layanan Apache telah berhasil anda install. Tunggulah hingga jendela tersebut menghilang dengan sendirinya.
  10. Setelah itu muncul kotak dialog XALPP 1.x.x.x (Basic Package) yang menyatakan bahwa proses instalasi XAMPP di PC anda telah selesai dilakukan, kemudian klik tombol Yes.
  11. Selanjutnya anda akan melihat tampilan kotak dialog yang sama yang memberitahukan bahwa proses instalasi XAMPP telah berhasil, klik tombol OK apabila anda ingin membuka jendela XAMPP Control Panel.
  12. Jendela XAMPP Control Panel akan ditampilkan dan berisi status Apache dan MySQL dalam kondisi running.
Demikian tutorial singkat cara install XAMPP di Server Lokal dan semoga bermanfaat. Jika anda masih bingung dengan cara menginstall XAMPP di PC anda, silahkan tinggalkan komentar anda pada kolom komentar yang telah disediakan, terima kasih...:) (Tips dan Trik Joomla)

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...