Install Joomla di Fantastico

CPanel Fantastico
Cara Install Joomla melalui Fantastico adalah cara paling mudah untuk dilakukan, bahkan lebih mudah daripada install Joomla di web hosting. Kenapa mudah? karena dengan menginstall joomla melalui fantastico, anda tidak perlu lagi untuk membuat database di web hosting dan juga tidak perlu untuk upload file installer joomla di web hosting, semua proses tersebut dapat dilakukan secara otomatis oleh fantastico.

Fantastico adalah software yang dapat digunakan untuk menginstall script PHP pada web hosting atau pada online server dengan cara instan dan salah satu script php yang dapat di install oleh Fantastico adalah Joomla. Fantastico juga telah mendukung Content Management System (CMS) lain seperti: Mambo, Drupal, Wordpress, Aura CMS, dan masih banyak lagi.

Banyak sekali web hosting yang menyediakan fasilitas Fantastico, dan jika anda mempunyai web hosting yang memiliki Fantastico, anda dapat memanfaatkannya untuk menginstall joomla pada web hosting anda. Anda tidak perlu lagi untuk membuat Database atau mengupload file installer joomla karena Fantastico secara otomatis akan membuat database dan telah memiliki script instalasi dari joomla.

Berikut ini langkah-langkah yang dapat anda lakukan untuk install joomla melalui Fantastico:
  1. Login ke Halaman Control Panel akun web hosting anda, lalu pilih Fantastico Autoinstaller (untuk tiap-tiap hosting bisa saja berbeda).
  2. Selanjutnya klik tombol New Installation di bagian Joomla.
  3. Anda akan diminta untuk menentukan lokasi instalasi joomla tersebut. Biarkan kolom Install in Directory dalam keadaan kosong jika anda ingin menginstall joomla pada domain anda.
  4. Ketikkan username untuk administrator di dalam kolom Administrator Username dan ketikkan password administrator dalam kolom Password, kemudian klik tombol Install Joomla.
  5. Di halaman berikutnya anda akan mendapatkan informasi yang menyatakan bahwa joomla sedang dalam proses install dan akan selesai dalam beberapa menit.
  6. Setelah proses instalasi selesai, bukalah alamat url pada browser anda dengan mengetikkan nama domain sesuai dengan yang anda punya, misalnya saja http://www.situsjoomlaanda.com.
  7. Untuk mengakses halaman administrator joomla anda, ketikkan pada alamat url domain di browser anda diikuti dengan /administrator, misalnya: http://www.situsjoomlaanda.com/administrator, dan setelah itu masukkan username dan password Administrator yang telah anda buat tadi.
Demikian tutorial singkat tentang Cara Install Joomla di Fantastico dan semoga bermanfaat. Jika anda masih bingung dengan Cara Install Joomla melalui Fantastico atau pada online server, silahkan tinggalkan komentar anda pada kolom komentar yang telah disediakan, terima kasih...:)

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...