Menambah Pengguna di Joomla

Joomla User Account
Cara menambah pengguna di Joomla untuk membedakan pengguna dalam mengelola sebuah website yang menggunakan CMS dengan platform Joomla. Pada posting kali ini Tips dan Trik Joomla akan membahas tentang cara menambah pengguna di Joomla. Selain mengubah nama website, anda juga dapat menambah nama pengguna di Joomla. Sebelum anda mencoba menambah nama pengguna di Joomla melalui web hosting, sebaiknya anda coba dulu pada server lokal.

Di dalam struktur pengelolaan sebuah website pada CMS Joomla, otoritas tertinggi terdapat pada akun Super Administrator, dimana pengguna dengan hak akses sebagai Super Administrator tersebut bisa menentukan dan mengubah apa saja terhadap konten sebuah website.

Meskipun demikian, dalam pengelolaan sebuah website dapat saja terjadi adanya pengguna lain dengan hak akses yang terbatas, salah satunya adalah Administrator.

Meskipun sama-sama memiliki status sebagai administrator, namun kedudukan Administrator masih di bawah Super Administrator. Perbedaan yang mendasar adalah pengguna dengan hak akses sebagai Administrator tidak dapat mengubah setting Global Configuration pada CMS Joomla.

Berikut ini langkah-langkah mudah yang bisa anda lakukan untuk menambah pengguna pada CMS Joomla:

- Login ke halaman Administrator Joomla anda menggunakan username dan password.
Halaman Administrator Joomla
- Setelah masuk ke halaman backend atau halaman administrator, pilih menu Site > User Manager.

Menu Site > User Manager

- Setelah masuk ke halaman User Manager, klik ikon New pada menu sebelah kanan atas.

- Pada halaman User:[New], isilah kolom-kolom di bagian User Detail dan pada kolom Group, pilih salah satu dari tiga group pada Public Backend (Manager, Administrator, atau Super Administrator).

Halaman User User:[New] Joomla

- Selanjutnya pada bagian Parameters, di kolom Back-end Language dan Front-end Language pilih English (United Kingdom), sedangkan pada kolom Time Zone sesuaikan dengan waktu wilayah anda.

- Kemudian klik ikon Apply dilanjutkan dengan klik ikon Save (di sebelah kanan atas halaman backend).

- Secara otomatis daftar pengguna dalam Joomla anda akan bertambah.

Demikian tutorial singkat tentang Cara menambah pengguna di Joomla dan semoga bermanfaat. Jika anda masih bingung dengan Cara menambah pengguna di Joomla, silahkan tinggalkan komentar anda pada kolom komentar yang telah disediakan, terima kasih...:)

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...